Bagai hidup terasa sendiri, bilamana merasa pintar sendiri... kebahagiaan muncul dikala ilmu dan pengetahuan diberikan kepada orang lain yang jelas-jelas membutuhkannya.
Sungguh sangat kerdil ketika merasa sombong dan menganggap dirinya merasa paling pintar, dan sungguh menjadikan manusia yang sangat pelit hati, bukan bentuk uang atau materi yang akan aku berikan... melainkan secuil ilmu bagi pelita dikegelapan bumi ini........

Senin, 27 September 2010

TIPS : Buat Mesin Katana Lebih Adem


Mesin SOHC ini sering kali didera “sakit” panas alias overheating. Terlebih yang sudah cukup berumur. Sebenarnya penyakit lebih banyak disebabkan oleh kelalaian menjaga kelancaraan sirkulasi air pada radiator.
Kondisi komponen sistem pendingin wajib diperiksa secara berkala, terutama radiator dan slang-slanganya. Menguras radiator secara teratur, memperbaiki bila bocor, atau sekalian ganti baru bila perlu.
Supaya nyetirnya lebih tenang, tidak ada salahnya mengoptimalkan perangkat pendingin mesin ini. Ada beberapa trik untuk membuat mesin lebih adem :
1.                  Ganti kipas dengan bilah yang lebih banyak. Yang penting diameternya sama dengan diameter kipas lama.
2.                  Ganti puli waterpump dengan yang diameternya lebih kecil, biasanya menggunakan milik Suzuki Forsa.
3.                  Ganti radiator yang lebih besar “Radiator L300 versi bensin bias menjadi alternative, hanya butuh sedikit penyesuaian pada braketnya saja.

2 komentar:

  1. Kalau cuma ganti airnya doang... bisa gak ademnya agak lama ...bro...?

    BalasHapus
  2. Titi didiknya air tuh rendah... jadi gak bisa bertahan lama... modal dikit dong pakai water coolen... walhasil anti karat dan mesin tetap adem bro.....

    BalasHapus